Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

3 Posisi Tidur Saat Sakit Pinggang Ini Bisa Anda Coba

3 posisi tidur saat sakit pinggang bisa membantu anda agar tidur dengan nyaman dan lelap. Memang rasanya serba tak nyaman saat pinggang sakit. Duduk salah, berdiri kelamaan sakit pinggang datang, bahkan sampai berbaring pun nyeri pinggang ini masih saja ada.

Salah posisi saat tidur juga bisa memicu sakit pinggang belakang atau malah memburuk saat bangun pagi esok harinya. Jadi baiknya posisi tidur saat sakit pinggang perlu Anda cari tahu agar dapat tidur nyenyak tanpa terserang sakit pinggang.

Posisi tidur saat sakit pinggang bisa saja menjadi jawaban apa obat sakit pinggang pada kasus-kasus tertentu, misalnya kelelahan beraktivitas, ketegangan otot dan lainnya.

Tidur dengan posisi tidur yang salah mungkin justru dapat membebani atau menekan secara berlebihan pada pinggang sehingga bisa saja memperburuk rasa sakitnya.

Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa memilih posisi tidur favorit. Namun saja perlu paham posisi seperti apa yang tidak menyebabkan ekstra tekanan tersebut pada tulang belakang.

3 Posisi Tidur Saat Sakit Pinggang

Mau tidur nyenyak saat sakit pinggang? Ini dia posisinya:

1.Berbaring telentang

Posisi telentang dapat membantu menjaga sudut kelengkungan alami tulang belakang dan mengurangi tekanan atau beban pada area ini.

Untuk lebih nyaman, selipkan bantal di bawah kedua lutut agar posisi lutut agak sedikit tertekuk. Sebaiknya pilih bantal yang tidak terlalu tebal untuk menyangga kepala, leher dan bahu.

 

2.Tidur miring (ke salah satu sisi) dengan meringkuk seperti posisi janin dalam kandungan

Posisi ini bisa menjadi posisi paling nyaman untuk meringankan nyeri pinggang. Pilih bantal empuk untuk menyangga bahu, leher dan kepala. Tekuk kedua lutut sesuai kenyamanan Anda.

 

3.Tidur miring dengan menyelipkan bantal di antara kedua lutut. Ditambah dengan bantal besar yang Anda peluk saat tidur. Posisi tidur seperti ini bisa membantu menjaga tulang belakang tetap sejajar.

Jangan lupa pilih kasur yang tidak terlalu soft atau empuk yang bisa membuat posisi tidur menjadi tenggelam. Selain itu, bantal yang tidak terlalu tebal dan empuk bisa menjadi pilihan tepat agar bisa tidur nyenyak walau dengan sakit pinggang.

Pantangan Posisi Tidur Sakit Pinggang

Menjaga postur tubuh tidak hanya saat berdiri atau melakukan aktivitas, saat tidur pun Anda perlu menjaga postur atau menjaga kelengkungan alami tulang belakang agar tidak memperburuk sakit pinggang yang tengah mengusik.

Tidur dengan posisi sembarangan bisa saja dapat mengganggu struktur tulang belakang sehingga nyeri.

Ada posisi tidur yang perli dihindari terutama saat sakit pinggang sedang Anda alami.

  • Tengkurap atau telungkup, karena dapat mengganggu posisi sejajar tulang belakang. Posisi leher yang terputar juga bisa menyebabkan sakit leher atau sakit punggung atas.
  • Berbaring miring ke salah satu sisi yang sakit misalnya sakit bokong sebelah kiri.

Apakah Sakit Pinggang Itu Berbahaya?

Penyebab sakit pinggang itu cukup banyak, antara lain ketegangan otot, setelah bekerja keras seharian, postur tubuh yang salah (saat duduk, berdiri dan bekerja), struktur tulang belakang yang bermasalah (misalnya saraf terjepit, stenosis spinal, skoliosis, dll), ginjal yang bermasalah, peradangan, tumor dan infeksi tulang belakang dan lain sebagainya.

Sakit pinggang atau pinggang nyeri, sebaiknya jangan dibiarkan berlarut-larut karena bisa melumpuhkan aktivitas harian. Untuk mengetahui penyebab pastinya, dokter akan melakukan pemeriksaan secara komprehensif dan bila perlu dengan bantuan pemeriksaan radiologi seperti MRI, Rontgen.

 

 

Artikel Terkait