Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Bamboo Spine Ankylosing Spondylitis, Lebih Sering Mengenai Laki-laki

Bamboo spine ankylosing spondylitis dapat menyebabkan nyeri. Tak hanya nyeri, bamboo spine anylosing spondylitis ini juga bisa membuat penderitanya tak lagi leluasa bergerak.

Tulang belakang memiliki beberapa ruas tulang dengan struktur penghubungnya berupa bantalan tulang yang lunak. Pada penderita ankylosing spondylitis, celah bantalan ini melebur menjadi tulang, sehingga kelenturan tulang belakang berkurang atau bahkan akan hilang sama sekali.

Penyebab spondilitis ankilosa atau ankylosing spondylitis adalah peradangan kronis sehingga ruas-ruas tulang belakang mengeras dan menyatu seperti batang pohon bambu. Ini dia sebabnya peradangan ruas tulang belakang ini nama lainnya adalah bamboo spine.

Ankylosing spondylitis bamboo spine radiology atau ankylosing spondylitis x ray yang berarti hasil pemeriksaan radiologi, MRI atau Rontgen jelas terlihat struktur seperti pohon bambu. Pemeriksaan ini perlu dilakukan untuk membantu dokter menentukan penyebab dan pengobatannya lebih lanjut.

Apa itu penyakit ankylosing spondylitis, terdiri dari 2 kata. Arti ankylosis atau ankilosis adalah gangguan pada sendi sehingga sendi menjadi kaku. Sedangkan arti spondylitis atau spondylosis adalah peradangan tulang belakang atau spine.

Gangguan Sistem Imun

Ankylosing spondylitis apakah termasuk autoimun? Peradangan ini termasuk ke dalam penyakit autoimun yang dipastikan dengan adanya gen HLA-B27/hla b27.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menyerang tubuh sendiri. Apakah ankylosing bisa sembuh? Karena kondisi ini termasuk ke dalam kelainan genetik maka kemungkinan tidak dapat disembuhkan.

Bamboo spine ankylosing spondylitis ini masuk dalam jenis autoimun axiale spondyloarthritis dengan gejala utama yang muncul adalah nyeri pinggang. Walau bisa juga mengenai ruas tulang leher atau cervical/servikal.

Nyeri pinggang karena terganggunya sistem imun akan menyerang sel dan jaringan yang sehat sehingga muncul radang tulang belakang.  Karena termasuk autoimun, penyakit yang lebih sering mengenai laki-laki ini dapat diringankan. Itu sebabnya jika merasakan nyeri pinggang atau sakit pinggang lebih dari 3 bulan, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Terbentuknya Bambu Tulang Belakang

Peradangan dapat mengakibatkan erosi atau terkikisnya tulang atau sendi. Yang lama kelamaan dapat mengeras dan menyatu. Bahkan sinovium, tulang rawan dan jaringan fibrosa juga mengeras.

Dampaknya struktur tulang belakang tersebut menjadi keras dan kaku sehingga menyulitkan penderitanya bergerak. Tulang belakang juga bisa membungkuk menjadi kifosis.

Karena perubahan bentuk tulang belakang tersebut, maka kerja otot-otot penyangganya menjadi lebih keras agar postur tubuhnya tetap terjaga.

Bamboo Spine Ankylosing Spondylitis dan Gejalanya

  • Nyeri punggung bawah (low back pain) hingga nyeri bokong
  • Nyeri mereda setelah bergerak atau melakukan aktivitas
  • Sendi terasa kaku, terutama pagi hari
  • Muncul secara unilateral atau bilateral
  • Memburuk dengan batuk, bersin
  • Mudah lelah

Nyeri biasanya menetap, dan lambat laun akan menjadi kaku. Akibat mobilitas tulang belakang yang terganggu atau menurun maka sendi akan semakin kaku. Bahkan tidak lagi mampu menengok, atau tidak mampu lagi bangun dari tempat tidur.

Bamboo spine ankylosing spondylitis tidak hanya membidik struktur tulang belakang. Tetapi juga bisa menyerang jaringan luar sendi, seperti mata, jantung, paru.

Bamboo Spine Ankylosing Spondylitis Treatment atau Management

Penyakit ankylosing spondylitis memerlukan pengobatan yang berupa obat, terapi fisik, dan tindakan bedah bila diperlukan.

Fokus utama pengobatan penyakit ankylosing spondylitis ini adalah mengurangi rasa nyeri dan kekakuan, perbaikan postur tubuh, mencegah komplikasi atau berkembang lebih lanjut. Perkembangan lanjutan ini bisa berupa kelainan bentuk (deformitas) tulang belakang.

Bila fokus ini tercapai, dapat membantu perbaikan kualitas hidup terutama pada usia muda.

Olahraga, fisioterapi, dan obat tertentu hingga tindakan bedah menjadi pilihan pengobatannya.

Berat badan ideal juga perlu dicapai, agar tidak membebani sendi-sendi tulang belakang dan sendi lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait