Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Biaya Endoskopi Syaraf Kejepit Tulang Belakang BESS Lebih Terjangkau

Biaya endoskopi syaraf kejepit tulang belakang merupakan salah satu hal yang sering ditanyakan. Selain itu pertanyaan berikut yang sering diajukan adalah apa perbedaan endoskopi yang dulu dengan endoskopi BESS terkini.

Biaya Endoskopi Syaraf Kejepit Tulang Belakang

Endoskopi tulang belakang kini menjadi salah satu solusi pilihan bagi Anda yang enggan atau merasa takut untuk dioperasi saat tervonis dengan saraf kejepit atau hernia nukleus pulposus (HNP).

Syaraf kejepit tulang belakang ini disebabkan oleh keluarnya/menonjolnya bantalan tulang (diskus intervertebralis) yang ada di antara ruas tulang belakang. Memang, syaraf kejepit ini ada derajatnya, dari ringan hingga berat.

Bila bantalan tulang tersebut begitu menonjolnya bisa menjepit saraf tulang belakang, sehingga menimbulkan beberapa gejala. Gejala syaraf kejepit ini bisa bervariasi, karena bisa terjadi di berbagai ruas tulang belakang dari leher hingga tulang ekor.

Derajat berat, jepitan pada saraf tulang belakang mengakibatkan beberapa gejala berupa nyeri, kebas, kesemutan yang menjalar hingga ke tungkai atau kaki. Gejala ini tak hanya mulai muncul saat derajat berat.

Saraf kejepit ringan juga sudah bisa memunculkan gejala, yang mungkin bisa tak terasa atau dianggap sepele. Bila derajat ringan, kemungkinan dokter akan menganjurkan untuk melakukan fisioterapi atau memberikan kompres hangat atau dingin pada area yang terasa nyeri.

Kadang juga, dokter memberikan anjuran untuk melakukan olahraga air atau berenang dan memperbaiki postur tubuh saat bekerja, duduk dan menjaga berat badan tetap ideal.

Saraf kejepit yang berat dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, selain kebas, kesemutan dan nyeri yang menjalar hingga tak bisa mengangkat kaki, juga bisa mengakibatkan gangguan fungsi buang air besar dan/atau buang air kecil sampai kelumpuhan.

Bila Syaraf Kejepit Sudah Berat

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara lengkap dan melihat hasil MRI. Bila hasil MRI menunjukkan adanya penonjolan bantalan tulang yang sedemikian rupa sehingga menjepit saraf tulang belakang maka dokter memberikan opsi.

Salah satu opsi pengobatan syaraf kejepit tanpa operasi adalah endoskopi tulang belakang BESS. Endoskopi BESS ini memiliki keunggulan karena dokter akan leluasa bekerja mengambil bantalan tulang yang menonjol dari segala arah. Endoskopi BESS memiliki dua portal (lubang) untuk mengakses bantalan tulang belakang.

Tentu hal ini berbeda dengan endoskopi tulang belakang yang konvensional yang hanya dapat mengambil tonjolan itu dari satu arah saja.

Biaya endoskopi syaraf kejepit tulang belakang dengan BESS di Klinik Nyeri DR. Indrajana lebih terjangkau karena sudah mencakup biaya rawat inap (satu malam), dan pemeriksaan laboratorium. Biaya endoskopi tulang belakang di sini lebih terjangkau karena dapat dilakukan untuk menangani beberapa level bantalan tulang sekaligus.

Bila tertarik untuk konsultasi, bisa via WA 0813 13 9999 01.

 

 

 

 

Artikel Terkait