Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Dokter Spesialis Bedah Saraf Tulang Belakang Kami Berhasil Lakukan 100 Endoskopi Tulang Belakang BESS Hingga Oktober 2021

Dokter spesialis bedah saraf tulang belakang memiliki kompetensi untuk mengatasi masalah yang ada pada tulang belakang. Salah satunya adalah saraf terjepit akibat hernia nukleus pulposus (HNP).

Dulu, untuk mengatasinya perlu dilakukan operasi bedah terbuka yang memerlukan proses penyembuhan tak sebentar. Belum lagi ada pertimbangan risikonya. Kini bagi pasien yang khawatir akan operasi atau ada faktor tertentu yang membuanya tidak boleh operasi besar, maka pilihannya bisa jatuh pada endoskopi tulang belakang.

Endoskopi BESS atau Biportal Endoscopic Spine Surgery merupakan teknologi terkini dengan dua portal untuk membantu mengatasi saraf terjepit tulang belakang.

Biportal inilah yang membedakan dengan endoskopi tulang belakang terdahulu yang hanya memiliki satu portal. Portal atau akses merupakan ‘pintu’ masuk alat agar dapat menjangkau bantalan ruas tulang belakang yang menonjol.

Dengan dua pintu ini, memungkinkan dokter bekerja leluasa karena lapang pandangannya lebih luas sehingga dapat menghilangkan tonjolan bantalan tulang belakang dari segala arah. Pintu pertama ini agar dokter bisa melihat leluasa dan yang kedua untuk mempermudah dokter bekerja mengatasi masalah-masalah yang mungkin mengganggu saraf dan tulang belakang.

Sedangkan endoskopi konvensional yang hanya satu pintu, hanya bisa mengatasi tonjolan tersebut dari satu sisi saja.

Keunggulan lainnya adalah mempermudah dokter mencapai lokasi target, proses pemulihan juga cepat dan risiko mencederai jaringan lain pun minimal.

 

Dokter Spesialis Bedah Saraf Tulang Belakang Bisa Atasi Saraf Terjepit

Bantalan tulang yang menonjol dapat menjepit jaringan di sekitar tulang belakang dekatnya. Contohnya adalah saraf. Bila hal ini terjadi, dapat memunculkan berbagai gejala seperti nyeri, kesemutan, kebas, baal dan bila memburuk dapat menyebabkan kelumpuhan dan terganggunya fungsi buang air besar dan buang air kecil.

Bantalan tulang yang menonjol ini cukup banyak penyebabnya. Bisa akibat cedera baik kecelakaan kendaraan maupun cedera olahraga. Selain itu, postur tubuh yang buruk, obesitas, peradangan, tulang belakang yang keropos, infeksi dan lainnya juga bisa mengakibatkan bantalan yang ada di antara ruas tulang menonjol.

Menyempitnya rongga tulang belakang atau stenosis spinal juga dapat menyebabkan jepitan saraf tulang belakang. Bedanya, nyeri akibat stenosis ini terasa ringan atau membaik bila penderitanya mencondongkan badannya ke depan.

 

Klinik Nyeri DR. Indrajana

Klinik ini memiliki dua dokter spesialis bedah saraf tulang belakang, Danu Rolian dan Mustaqim Prasetya yang secara bergantian melakukan endoskopi BESS untuk mengatasi beragam keluhan pasien terkait dengan saraf terjepit.

Tingkat keberhasilan endoskopi BESS ini sekitar 90 persen yang akhirnya membuat keluhan pasien membaik. Kompetensi dokter spesialis bedah saraf tulang belakang juga semakin terjaga dalam melakukan endoskopi BESS ini.

Dari bulan Juli hingga Oktober 2021, tercatat sudah 100 tindakan endoskopi BESS dengan tingkat keberhasilan yang cukup baik. Hal ini tertuang dalam cerita para pasien dalam channel you tube kami.

Endoskopi tulang belakang BESS di klinik ini yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah saraf tulang belakang memiliki harga paket yang sudah mencakup rawat inap satu malam dan laboratorium serta tiga kali makan saat rawat inap. Bahkan BESS ini dapat dilakukan pada beberapa level sekaligus dengan harga yang sama.

Asuransi pun juga sudah banyak yang menjalin kerjasama dengan Klinik Nyeri DR. Indrajana. Untuk informasi lengkapnya hubungi saja via WA 0813 13 9999 01.

 

 

 

Artikel Terkait