Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Kaki Kesemutan Sebelah Kiri: Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Kesemutan

Kaki kesemutan sebelah kiri mungkin seringkali mampir di kaki saat kaki kiri tertindih kaki kanan saat duduk atau saat duduk bersila dan lainnya.

Terkadang saat berganti posisi atau sekadar menggoyangkannya, kaki kebas kesemutan pun menjadi hilang. Memang pada umumnya, sering kesemutan di kaki bukan sesuatu yang dikhawatirkan.

Namun ada beberapa kasus, kaki kesemutan sebelah kiri bisa jadi pertanda adanya masalah tertentu. Apalagi kesemutan dan kebas disertai dengan nyeri pada area pinggang, nyeri pada salah satu sisi saja, dan lainnya.

Kaki Kesemutan Sebelah Kiri

Rasa kesemutan pada kaki atau terasa seperti kebas/baal, atau mati rasa, bisa muncul sementara atau bisa berkepanjangan.

Kaki kesemutan sebelah kiri yang sementara saja, bisa muncul saat posisi – duduk – yang sama dalam waktu lama, yang mungkin menekan saraf atau berkurangnya aliran darah di area tersebut.

Penyebab kaki kesemutan atau kaki kebas mungkin akibat memburuknya atau terganggunya aliran darah seringkali disertai dengan kram ketika berjalan dan perubahan warna kulit kaki (pucat saat kaki diangkat/dinaikkan dan kemerahan saat diturunkan).

Rasa kebas kesemutan itu rasanya seperti tertusuk oleh ratusan jarum yang kadang mengakibatkan nyeri. Kesemutan dan kebas ini memang seringnya dialami oleh kaki tetapi tangan juga bisa. Penyebabnya sama, adanya hambatan aliran darah atau ada gangguan pada saraf tertentu.

Kaki sering kesemutan gejala penyakit apa, mungkin menjadi pertanyaan saat Anda ingin mencari jawabannya.

Penyebab Kaki Sering Kesemutan

Apa saja penyebabnya?

  • Postur tubuh atau kebiasaan yang buruk, misalnya duduk bersila, berlutut, menggunakan pakaian atau sepatu yang sempit
  • Cedera pada tulang belakang, tungkai bawah dan pergelangan kaki
  • Penyakit tertentu, misalnya diabetes, yang bisa mengakibatkan diabetik neuropati yang dapat merusak saraf sehingga muncul kesemutan dan kebas
  • Saraf kejepit HNP (hernia nukleus pulposus) akibat menonjolnya bantalan ruas tulang belakang hingga menjepit saraf di tulang belakang. Terutama saraf terjepit lumbal (atau pinggang)
  • Penyakit arteri perifer, akibat terganggunya aliran darah area perifer (tungkai, lengan)
  • Tumor, abses, kista yang dapat menekan otak, saraf tulang belakang sehingga menghambat akiran darah ke tungkai dan kaki
  • Kurangnya asupan vitamin B yang berfungsi menjaga kesehatan sel saraf, saraf dan selubungnya.
  • Sindrom piriformis akibat saraf sciatica yang terjepit.

Sering kesemutan di kaki yang dapat mengganggu aktivitas, tentu perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan sesuai penyebabnya.

Ujung jari kaki kesemutan gejala apa perlu dicari solusinya. Bila penyebabnya adalah saraf kejepit pinggang, penanganannya bergantung pada ringan beratnya jepitan yang terjadi.

Saat saraf kejepit lumbal terjadi, nyeri dan kesemutan biasanya muncul pada salah satu sisi saja, seperti kaki kesemutan sebelah kiri.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kesemutan di Kaki?

Cara mengatasi kaki kesemutan terus menerus bergantung pada penyebabnya.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara komprehensif. Bila ada dugaan jepitan saraf, maka pemeriksaan MRI perlu dilakukan.

Obat-obatan antinyeri, vitamin B, dan fisioterapi mungkin saja akan direkomendasikan dokter untuk mengatasi kaki kesemutan sebelah kiri.

Untuk mengatasi nyeri pada tulang belakang, radiofrekuensi ablasi, injeksi kortikosteroid, hingga endoskopi tulang belakang BESS (Biportal Endoscopic Spine Surgery) akan direkomendasikan dokter bila penanganan pertama tidak membuat nyeri dan kaki kesemutan Anda membaik.

Artikel Terkait