Logo Klinik Nyeri dr Indrajana
Kenapa bahu sebelah kiri sakit

Kenapa Bahu Sebelah Kiri Sakit, Frozen Shoulder?

Kenapa bahu sebelah kiri sakit salah satu penyebabnya adalah frozen shoulder. Posisi tidur penderita frozen shoulder juga perlu diperhatikan agar tidak memperburuk rasa nyerinya.

Sendi bahu memiliki 3 tulang, humerus (lengan atas), scapula (tulang belikat) dan klavikula (tulang selangka). Frozen shoulder ini bisa menyebabkan terganggunya mobilitas ketiga tulang ini.

Kenapa Bahu Sebelah Kiri Sakit

Frozen shoulder adalah penyebab tersering bahu kaku dan bahu nyeri. Nyeri pundak ini dapat menyebabkan keluhan tidak bisa menyisir rambut, tidak bisa keramas, atau tidak bisa menjangkau benda yang letaknya di atas. Bahu beku ini mengakibatkan gerak sendi menjadi terbatas.

Sendi bahu tersusun dari kapsul sebagai pelindung jaringan ikat, tulang, otot, ligament dan tendon yang kesemuanya bahu membahu bekerja pada sendi bahu. Bila di antara jaringan bahu ini ada jaringan parut atau skar, maka jaringan akan menebal. Karena adanya penebalan inilah yang membatasi gerakan bahu.

Nama lain dari frozen shoulder adalah adhesive capsulitis (kapsulitis adesif). Mengapa dinamakan demikian? Karena menebalnya jaringan parut sehingga membuat struktur tulang bahu (kapsul pelindung, tulang, ligament dan tendon) saling menempel.  Inilah penyebab nyeri dan kaku.

Adanya peradangan pada salah satu tendon otot bahu yang berlangsung lama dan tidak disadari, dapat menyebabkan perlengketan tersebut. .

Kadang kondisi sakit bahu kanan akibat bahu beku berbarengan dengan meradangnya bantalan sendi bahu. Bengkak dan nyeri menjadi tandanya. Nyerinya ini bisa membuat tidak bisa mengangkat bahu. Selain aktivitas terganggu, tidur pun juga terganggu karena ada yang merasakannya saat malam hari.

Nyeri yang muncul dapat membatasi gerak sendi. Gerakan yang dilakukan secara aktif atau pasif, sudah bisa mengganggu kerja harian. Munculnya bisa secara perlahan, dan bisa memburuk nyeri tajam, kaku, dan tidak bisa menggerakkan bahu hingga lengan.

Bahu Sakit Saat Digerakkan

Nyeri akan terasa saat bangun tidur dan mengangkat benda berat, atau menyabuni punggung atau saat menyisir rambut. Tak pelak, pekerja kantoran yang harus duduk lama saat bekerja dengan laptop juga bisa mengalami bahu sakit sebelah.

Bahu beku tak hanya nyeri bahu yang muncul, lama kelamaan bisa menjalar jadi leher nyeri, nyeri kaku, dan nyeri punggung atas.

3 Tanda Tanda Frozen Shoulder

Pundak sakit ini terbagi dalam 3 tahapan gejala:

Fase freezing, ditandai dengan bahu dan area sekitarnya terasa nyeri berat terus terusan. Biasanya memburuk di malam hari. Kekakuan juga sudah mulai di fase ini. Lamanya fase ini biasanya selama 2-9 bulan.

Fase frozen, nyeri berkurang namun bahu menjadi kaku yang memburuk, shoulder movement juga sudah tidak sebebas sebelumnya. Lama kelamaan susah menggerakkan bahu. Lamanya fase ini biasanya 4-12 bulan.

Fase thawing (thawing phase), memasuki fase penyembuhan atau recovery. Rasa bahu kaku dan gerakan sudah kembali seperti semula. Lamanya fase ini diperkirakan sampai 24 bulan.

Berapa lama sembuh dari frozen shoulder memang berbeda antar individu. Bergantung dari pengobatan frozen shoulder yang dilakukan dan penyebabnya. Bisa akibat cedera, patah tulang atau gerakan berlebihan serta beban terlalu berat.

Untuk pemeriksaan, bisa juga dengan penunjang agar dokter dapat mengevaluasi penyebabnya. Cara cepat mengobati frozen shoulder bisa menjadi salah satu solusi sembuh dari sakit pundak kiri atau sakit pundak kanan.

Pengobatan rumahan frozen shoulder juga bisa dicoba. Istirahatkan bahu, kompres dingin, perbaiki posisi tidur, minum obat antiinflamasi nonsteroid, dan latihan gerakan tertentu dapat membantu mengurangi sakit di pundak atau sakit di bahu.

Kompres untuk frozen shoulder dapat dilakukan. Kompres dingin juga bisa menjadi pilihan pengobatannya.  Posisi tidur penderita frozen shoulder juga perlu diperhatikan. Tidur telentang dengan meletakkan bantal kecil di bawah bahu sakit bisa mengurangi perburukan rasa kaku di bahu.

Atau tidur di salah satu sisi bahu yang sehat sembari memeluk bantal juga bisa menjadi pilihan lain posisi saat tidur.

Dokter bisa menyarankan untuk injeksi steroid di bahu sebagai frozen shoulder treatment untuk bantu mengurangi inflamasi sehingga nyeri dapat hilang. Biaya suntik frozen shoulder bergantung pada tempat dilakukannya. Bisa ditanyakan saat berkonsultasi dengan dokter.

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait