Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Klinik Nyeri dan Tulang Belakang DR. Indrajana, Punya Teknologi Terkini Atasi Nyeri

Klinik nyeri dan tulang belakang bisa menjadi salah satu tempat untuk mencari solusi keluhan nyeri tulang belakang.  Nyeri ini bisa berlokasi di punggung sehingga menimbulkan sakit punggung atau punggung sakit, sakit pinggang, sakit punggung sebelah kiri, atau nyeri pinggang dan nyeri punggung. Bahkan nyeri bokong akibat sindrom piriformis, bahkan sciatica.

Sciatica atau skiatika adalah nyeri punggung bawah yang menjalar ke pinggul, bokong, tungkai sampai jari-jari kaki. Lokasi ini sesuai saraf sciatica. Saraf ini adalah saraf paling panjang yang berawal dari saraf tulang belakang sampai kaki.

Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta

Salah satu masalah pada tulang belakang yang memiliki risiko besar menyebabkan kelumpuhan bila tidak mendapatkan penanganan dini adalah saraf kejepit. Kondisi syaraf terjepit ini dalam istilah herniated nucleus pulposus (hernia nukleus pulposus/HNP). Penyebab saraf kejepit adalah menonjolnya bantalan tulang sehingga menjepit saraf tulang belakang.

Bertambahnya usia yang menyebabkan proses degenerasi pada tulang belakang. Selain itu, cedera akibat kecelakaan bermotor atau jatuh, infeksi (misalnya TBC), tumor, bergesernya tulang belakang (spondilolistesis), postur tubuh yang buruk, sering mengangkat beban berat, dan kelebihan berat badan, merupakan beberapa faktor yang berisiko menyebabkan bantalan tulang mengalami kerusakan.

Gejala saraf kejepit juga bergantung pada lokasi jepitan saraf itu terjadi. Biasanya syaraf terjepit itu bisa menyerang leher (HNP cervical), dan punggung bawah/pinggang (HNP lumbal). Ciri ciri saraf kejepit biasanya nyeri, kesemutan, kebas/baal yang menjalar hingga kaki. Stadiumnya juga bisa ringan hingga berat yang berisiko mengakibatkan kelumpuhan bila tidak mendapatkan penanganan dengan tepat.

Dulu operasi saraf kejepit dengan bedah terbuka perlu dilakukan, sayatan yang lebar dan memerlukan bius umum serta penyembuhannya lama. Namun apa resiko operasi tulang belakang juga menjadi pertanyaan umum. Karena sayatan besar, maka penyembuhan lebih lama.

Kini terapi saraf kejepit bisa dengan sayatan yang hanya 7 mm, biusnya lokal dan proses penyembuhannya cepat.

Teknologi terkini untuk saraf kejepit adalah endoskopi BESS, yang bisa dibilang generasi paling baru dalam ranah endoskopi tulang belakang.

Apa Itu Endoskopi Syaraf Kejepit?

Endoskopi ini seperti layaknya endoskopi untuk memeriksa lambung, namun endoskopi tulang belakang untuk atasi saraf kejepit digunakan pada tulang belakang. Salah satunya adalah endoskopi BESS.

Apa itu operasi Bess? BESS singkatan dari biportal endoscopic spinal surgery. Biportal artinya memiliki dua portal (dua akses). Akses satu untuk kamera dan akses dua untuk alat yang bekerja mengambil bantalan tulang yang menonjol yang menjepit saraf tulang belakang. BESS ini dapat mengambil bantalan tulang yang menonjol dari segala arah dan lapang pandang dokter lebih luas. Apa itu tindakan endoskopi pada nyeri tulang belakang akan menjadi lebih jelas bila segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Kalau saraf kejepit sebaiknya ke dokter apa adalah dokter spesialis bedah saraf atau dokter yang memiliki spesialisasi dalam tulang belakang. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan neurologis secara komprehensif serta pemeriksaan MRI untuk memastikan diagnosis dan pengobatan saraf kejepit yang sesuai.

Berapa biaya PELD atau berapa biaya operasi HNP atau berapa biaya endoskopi BESS menjadi pertimbangan tertentu untuk melakukannya. Namun dari harga ini, perlu dipertimbangkan kesembuhan yang akan Anda dapatkan sehingga kualitas hidup akan membaik.

Apakah BPJS menanggung biaya operasi saraf kejepit juga menjadi pertanyaan tersering yang diajukan penderita HNP. Untuk itu, perlu menggali informasi yang meliputi klinik nyeri dan tulang belakang, atau rumah sakit yang memiliki fasilitas BPJS Kesehatan.

Bila dari hasil pemeriksaan MRI terlihat adanya kerusakan lamina tulang belakang, juga bisa diatasi di klinik nyeri dan tulang belakang. Teknologi terkini yang ada antara lain kateter Racz, radiofrekuensi ablasi, dan lainnya.

Berapa Biaya Berobat di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Biaya operasi syaraf kejepit dengan endoskopi tulang belakang memang tidak murah. Persiapan biaya perlu Anda lakukan untuk melakukannya.

Biaya endoskopi Klinik Nyeri dan Tulang Belakang DR. Indrajana perlu ditanyakan. Biaya endoskopi BESS lebih efektif dan hemat karena sudah termasuk paket tertentu, seperti pemeriksaan laboratorium, EKG, Rontgen/ronsen, rawat inap satu malam, obat tertentu, dan kontrol satu kali (seminggu setelah tindakan).

 

 

Artikel Terkait