Logo Klinik Nyeri dr Indrajana
Manfaat kunyit untuk syaraf kejepit

Manfaat Kunyit untuk Syaraf Kejepit Itu Apa Saja?

Manfaat kunyit untuk syaraf kejepit terutama dapat membantu mengurangi atau meredakan nyeri akibat jepitan saraf tulang belakang.

Tak hanya dikenal sebagai salah satu bumbu masakan bersama jahe, kencur, temulawak, kunyit sudah banyak yang menggunakan kunyit sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasi gejala-gejala beberapa penyakit. Bisa dalam bentuk suplemen atau ada juga yang mengemasnya dalam bentuk bubuk kunyit.

Bahan aktif utamanya adalah kurkumin. Pigmen kekuningan ini tidak hanya memberikan warna kekuningan pada makanan atau minuman, tetapi juga memiliki manfaat lain terhadap kesehatan seseorang.

Obat Rumahan Nyeri Saraf Kejepit

Kurkumin (diferuloylmethane) manfaatnya sudah terbukti secara ilmiah. Memiliki kandungan  kandungan antioksidan, zat antiinflamasi, dan membantu meredakan nyeri (zat antinyeri) yang terkait dengan penyakit tertentu seperti radang sendi, saraf kejepit, dan lainnya.

Selain itu, rimpang kunyit memiliki peran sebagai imunomodulator yang bermanfaat membantu memperbaiki atau meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Untuk kasus saraf kejepit, kunyit bisa berperan sebagai obat herbal syaraf kejepit tulang ekor belakang atau menjadi salah satu cara pengobatan rumahan saraf kejepit. Karena dapat membantu meredakan nyeri yang muncul akibat adanya jepitan saraf tulang belakang.

Saraf Kejepit HNP

Nyeri kadang menjadi salah satu tanda adanya jepitan saraf tulang belakang. Tidak hanya itu. Gejala penyerta lainnya bisa berupa kesemutan, kebas/baal yang menjalar. Kesemutan ini rasanya seperti ditusuk puluhan jarum. Namun kesemutan, kebas dan nyeri sebagai gejala bukan penegak diagnosis saraf kejepit. Untuk memastikannya perlu konsultasi dengan dokter agar nyeri tersebut dipastikan saraf kejepit atau bukan.

HNP atau herniated nucleus pulposus merupakan istilah medis saraf kejepit. Bisa terjadi di leher, HNP cervical dan pinggang atau HNP lumbal. Hal ini dipastikan dengan melihat hasil pemeriksaan penunjang, MRI saraf kejepit.

Saraf kejepit terjadi akibat bantalan tulang belakang pecah, atau bantalan tulang belakang menipis atau bantalan tulang belakang rusak sehingga menonjol dari cincin pelindungnya (annulus fibrosus) dan menjepit atau menekan (kompresi) saraf tulang belakang.

Cara mengobati bantalan tulang belakang bergantung pada ringan beratnya derajat jepitan yang terjadi. Kini ada teknologi yang dapat mengambil tonjolan bantalan tulang sehingga tidak lagi menekan saraf. Endoskopi tulang belakang BESS kini menjadi solusi untuk mencegah lumpuh saraf kejepit dengan meniadakan tonjolan bantalan tulang sehingga saraf tidak lagi tertekan.

Untuk menghilangkan nyerinya, ada beberapa pilihan antara lain kateter Racz, epidural steroid injection (ESI), dan radiofrekuensi ablasi. Mana yang tepat, dokter akan menyesuaikan dengan kondisi masing-masing penderitanya.

Obat Herbal Syaraf Kejepit di Kaki

Obat syaraf kejepit alami ampuh di apotik atau tanaman herbal untuk syaraf kejepit bisa menjadi salah satu obat alternatif menyembuhkan nyeri saraf kejepit.

Tanaman herbal untuk syaraf kejepit, hanya dapat membantu menghilangkan nyeri dan membantu menjaga kesehatan tubuh. Begitu pula untuk daun sirsak, daun alpukat sebagai daun apa yang bisa menyembuhkan saraf kejepit, bisa membantu menjaga kesehatan dan tidak menyembuhkan apa penyebab saraf kejepit.

Penyebabnya perlu diatasi, jadi gejala terkait saraf kejepit kaki, saraf kejepit pinggang, saraf kejepit leher dan area lainnya sehingga dapat mereda.

Beberapa faktor penyebab saraf kejepit adalah sering mengangkat berat, infeksi tulang belakang, tumor di tulang belakang, cedera kecelakaan, osteoporosis atau keropos tulang belakang, yang kesemuanya dapat mengubah struktur tulang belakang. Proses penuaan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Saat menua, kandungan air dalam bantalan tulang semakin berkurang sehingga bantalan menipis dan daya elastisitasnya berkurang.

Obat tradisional syaraf kejepit selain herbal, juga ada suplemen yang mengandung vitamin-vitamin tertentu seperti vitamin neurotropik (vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12) yang kesemuanya menjaga kesehatan sistem saraf.

Konsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf terbaik di Jakarta menjadi salah satu langkah bijak untuk mendapatkan cara mengatasi saraf kejepit di pinggang bila hasil MRI saraf kejepit sudah menampakkan gambar saraf kejepit tulang belakang.

 

 

 

 

 

Artikel Terkait