Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Nyeri Bokong Sebelah Kiri Sampai Kaki, Mungkinkah Saraf Terjepit?

Nyeri bokong sebelah kiri sampai kaki mungkin bisa menjadi salah satu gejala yang Anda rasakan akibat adanya saraf terjepit

Namun bisa juga disebabkan oleh kondisi lainnya, seperti bergesernya ruas tulang belakang (spondilolistesis), peradangan sendi, kelainan pada ruas tulang belakang, dan lainnya.

Biasanya bila dalam tahap lanjut, nyeri akan terasa saat duduk lama. Nyeri sering terasa pada salah satu bokong, kiri atau kanan, yang kadang menjalar ke kaki.

Nyeri tergambar seperti terbakar, kesemutan, kebas hingga sulit menggerakkan kaki. Kadang berdiri atau berjalan pun menjadi sulit.

Nyeri Bokong Sebelah Kiri Sampai Kaki

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara komprehensif untuk menentukan penyebab dan pengobatannya.

Cedera, tumor atau tumbuhnya taji tulang di tulang belakang bisa menyebabkan nyeri bokong sebelah kiri sampai kaki. Bila rongga tulang belakang Anda menyempit atau stenosis spinal juga bisa mengakibatkan keluhan nyeri tulang belakang.

Saraf sciatica yang terjepit juga mengakibatkan nyeri pada bokong. Sciatica merupakan salah satu saraf terbesar dan terpanjang dari area bokong, paha belakang sampai ke kaki.

Saraf sciatica ini berada pada otot-otot piriformis bagian bokong. Kadangkala nyeri bokong sebelah kiri sampai kaki dikenal dengan sebutan sindrom piriformis (piriformis syndrome).

Piriformis adalah otot-otot kecil yang berada di bawah otot gluteus maximus. Bila saraf sciatica ini terjepit oleh otot piriformis, kemungkinan dapat menyebabkan beberapa gejala antara lain:

  • Terasa nyeri atau sakit saat duduk terlalu lama (kira-kira > 15 menit)
  • Sakit menjalar dari bokong hingga betis
  • Tungkai atau kaki terasa kesemutan
  • Saat berjalan juga terasa nyeri

Sakit atau nyeri pada kaki bisa timbul secara mendadak atau perlahan. Gejala lainnya yang mungkin juga timbul adalah kesemutan dari bokong sampai kaki, kaki sepertu tertusuk jarum. Bahkan bisa mempersulit jalan atau menekuk lutut.

Kehamilan, tidak pernah atau jarang berolahraga, sering memakai sepatu hak tinggi, tidur dengan kasur yang sangat lunak, cedera pada tulang belakang akibat kecelakaan kendaraan bermotor atau jatuh, juga bisa menjadi pemicu timbulnya sciatica.

Pengobatannya Apa?

Sebelum memberikan pengobatan atau penanganan yang tepat, dokter perlu melihat hasil pemeriksaan penunjang.

Untuk membantu mengatasi nyeri, dokter mungkin akan menganjurkan obat-obatan pereda nyeri, memberikan kompres dingin pada area yang nyeri serta beristirahat. Ada juga yang merekomendasikan untuk beberapa latihan fisik.

Bila pemberian obat tidak ada perbaikan, mungkin dokter akan memberikan anjuran penanganan yang lain bergantung pada penyebab utamanya. Salah satunya adalah dengan injeksi steroid.

Namun bila ternyata penyebabnya adalah saraf terjepit, maka dokter akan melakukan tindakan endoskopi tulang belakang untuk membebaskan jepitan tersebut yang diakibatkan menonjolnya bantalan tulang yang ada di antara ruas tulang belakang.


 

 

 

Artikel Terkait