Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Nyeri Tulang Belakang Akibat Syaraf Kejepit, Dapat Tuntas dengan Kateter RACZ

Nyeri tulang belakang akibat syaraf kejepit seringkali membuat penderitanya mencari berbagai solusi untuk atasi nyerinya.

Namun jangan sampai salah pilih solusi. Pilihlah solusi yang dapat membantu dalam perbaikan kualitas hidup Anda nantinya.

Nyeri Tulang Belakang

Nyeri tulang belakang yang berkepanjangan salah satu penyebabnya adalah syaraf kejepit. Nyerinya bisa ringan hingga berat yang membuat Anda takut untuk beraktivitas atau bergerak.

Aktivitas harian dengan postur tubuh yang kurang baik, kegemukan, mengangkat beban berat, cedera atau kecelakaan yang mengenai tulang belakang, kelainan bawaan dari lahir, gangguan tulang belakang akibat infeksi dan tumor atau proses penuaan, merupakan beberapa faktor yang berpotensi menyebabkan nyeri tulang belakang ini.

Syaraf Kejepit Penyebab Nyeri Tulang Belakang

Syaraf kejepit terjadi akibat bantalan ruas tulang belakang yang menonjol. Penonjolan ini dapat menekan atau menjepit saraf tulang belakang.

Gejala yang ditimbulkan juga bervariasi. Mulai dari rasa tidak nyaman (baik saat berdiam diri, maupun saat bergerak beraktivitas) hingga nyeri dan kesemutan. Terkadang nyeri menjalar hingga ke kaki bahkan kelumpuhan bila tak tertangani dengan baik.

Penanganan keluhan sakit tulang belakang akibat adanya jepitan pada saraf harus efektif dan tepat. Apalagi bila penderitanya memiliki kontraindikasi tertentu untuk dilakukannya operasi. Dulu memang syaraf kejepit perlu ditangani dengan operasi terbuka. Kini tidak lagi.

Teknologi Manajemen Nyeri Sudah Maju

Kini penanganan nyeri memiliki perkembangan yang luar biasa. Salah satunya adalah dalam aspek kenyamanan hingga perbaikan kualitas hidup hingga mampu menghilangkan ketergantungan pada obat-obatan pereda nyeri.

Salah satu teknologi terkini sebagai solusi atasi nyeri tulang belakang akibat syaraf kejepit yang perlu Anda coba adalah kateter RACZ atau percutaneous epidural neuroplasty (PEN) atau neuroplasti epidural.

Metode ini menggunakan kateter RACZ (RACZ catheter) yang memiliki keunggulan-keunggulan antara lain tanpa operasi, hanya dengan bius lokal, prosesnya cepat, tanpa rawat inap dan Anda bisa langsung beraktivitas.

Kateter RACZ berukuran mikro atau mini akan dokter arahkan ke rongga epidural dengan panduan C-Arm. Tujuannya adalah untuk mematikan sumber nyeri.

Efektivitas tindakan ini bergantung pada ambang nyeri dan tingkat keparahannya. Umumnya rasa nyeri akan menurun dalam waktu yang cukup lama.

Manajemen nyeri dengan kateter ini memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi karena saat melakukannya, dokter akan menggunakan C-Arm sebagai alat pandu untuk menentukan lokasi atau titik nyerinya.

Kateter RACZ atau kateter tulang belakang atau kateter syaraf kejepit ini merupakan solusi terkini untuk atasi keluhan nyeri Anda akibat syaraf terjepit.

Artikel Terkait