Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Obat Tangan Kesemutan dan Nyeri Akibat CTS, Bisa dengan CT Release

Obat tangan kesemutan dan nyeri yang tepat memang sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter. Kenapa sih keluhan yang sering dianggap sepele ini perlu dikonsultasikan dengan dokter? Jawaban pertanyaan ini adalah agar obat tangan kesemutan dan nyeri memang sesuai dengan penyebabnya sehingga keluhan ini akan sembuh.

Penyebabnya Apa?

Keluhan kesemutan dan nyeri di tangan, mungkin sering hilang dan timbul. Sehingga sering dianggap remeh dan bisa dialami siapa saja. Apalagi dengan menggoyangkan tangan bisa hilang kesemutan dan kebas di tangan. Inilah yang membuat keluhan tangan kebas tangan kesemutan dianggap remeh.

Tetapi kalau kesemutan dan pergelangan sakit berlangsung lama dan menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas, kemungkinan ini bukan kesemutan biasa.

Keluhan ini bisa menjadi gejala adanya saraf kejepit tangan atau urat saraf tangan kejepit atau istilah lainnya saraf pergelangan tangan kejepit. Penyakit saraf kejepit di tangan ini dalam istilah medisnya adalah CTS atau carpal tunnel syndrome. Hal ini dapat menjawab pertanyaan apakah ada saraf kejepit di tangan, atau apakah saraf kejepit bisa di tangan.

CTS atau sindrom terowongan karpal bisa terjadi akibat saraf medianus yang ada di pergelangan tangan terjepit/tertekan oleh menebalnya struktur lain di sekitar saraf pergelangan tangan. Sehingga area tersebut menyempit dan teriritasi.

Saraf medianus mempersarafi sisi telapak ibu jari dan jari-jari, kecuali jari kelingking. Dan berfungsi untuk menggerakkan otot-otot sekitar dasar ibu jari.

Saraf kejepit tangan kanan biasanya lebih sering terjadi karena sering digunakan untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas.

Ciri ciri saraf tangan kejepit sangat khas. Kebas/baal dan kesemutan di 3,5 jari tangan yakni jempol, telunjuk, tengah, dan separuh jari manis. Ini pula yang kadang memunculkan isitilah saraf kejepit di jempol tangan.

Penyebab penyakit saraf kejepit di tangan biasanya dikaitkan dengan gerakan pergelangan tangan yang sama dan berulang dalam waktu lama. Seperti pekerja kantoran, koki, berkebun, gitaris, pianis, bermain gadget, dan lainnya.

Saraf kejepit di jari tangan ini sebaiknya tidak dianggap sepele. Karena bila dibiarkan, nyeri bisa muncul dan jari terutama ibu jari tidak bisa lagi memegang bolpen atau menggenggam. Biasanya di saat inilah membawa penderitanya berkonsultasi ke dokter.

Obat Tangan Kesemutan dan Nyeri

Obat saraf tangan kejepit tergantung pada ringan beratnya saraf kejepit tangan kesemutan yang terjadi.

Kemungkinan dokter memerlukan hasil EMG atau elektromiografi sebagai pemeriksaan lanjutan dari pemeriksaan fisik. EMG untuk merekam aktivitas listrik pada otot. Dibandingkan antara tangan kanan dan tangan kiri. Bila salah satunya terdapat penurunan hantaran saraf, kemungkinan besar penyebab tangan kesemutan dan nyeri adalah saraf terjepit di pergelangan tangan.

Obat saraf tangan kejepit bisa berupa fisioterapi, injeksi, dan yang termutakhir adalah CT release. Metode atau teknik CT release ini hanya perlu bius lokal. “Tindakan ini sangat simpel, singkat dan hanya perlu sayatan 1 cm saja,” jelas Dr. dr. Wawan Mulyawan, Sp.BS, SpKP.

CT release berlangsung 5-15 menit saja, pasien bisa langsung pulang setelahnya. “Setelahnya, tangan perlu diistirahatkan minimal 5 hari dan perlu mengubah lifestyle ya, dan misalnya lakukan peregangan di sela-sela pekerjaan yang menggunakan gadget.”

Jari kesemutan dan nyeri di tangan, yang berlangsung lama, jangan dibiarkan saja. Yuk konsultasi dengan dokter.

Artikel Terkait