Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Pengobatan Alternatif Saraf Kejepit dengan Proses Pemulihan Cepat

Pengobatan alternatif saraf kejepit sekarang sudah banyak. Dengan hal ini akan memudahkan para penderitanya mencari pengobatan di klinik syaraf kejepit terdekat.

Arti alternatif di sini adalah pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan. Memang pilihannya sangat beragam. Dari program fisioterapi, gerakan peregangan, hingga pengobatan terkini seperti endoskopi tulang belakang BESS.

Teknologi endoskopi biportal endoscopic spine surgery (BESS) ini merupakan generasi terbaru dibandingkan dengan endoskopi PELD/PSLD.

Endoskopi tulang belakang sekarang menjadi salah satu alat terapi saraf kejepit baru yang menjadi pilihan solusi kesembuhan dari derita saraf kejepit.

Keunggulannya adalah dapat mengatasi bantalan tulang yang menonjol dari segala arah. Menonjolnya bantalan tulang inilah yang menjepit saraf tulang belakang sehingga memunculkan beragam gejala, seperti nyeri, kesemutan dan lainnya.

Proses pemulihannya juga lebih cepat dan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup baik. Untuk menentukan tindakan apa yang sesuai sebagai cara mengobati saraf kejepit, dokter akan dibantu oleh hasil radiologis seperti MRI.

Pengobatan Alternatif Saraf Kejepit di Jakarta

Pain management atau mengatasi nyeri akibat masalah pada tulang belakang kini banyak dicari. Teknologi pun sudah merambah di dunia medis. Kini memungkinkan untuk mengatasi saraf kejepit tanpa operasi terbuka seperti dulu.

Terapi saraf terjepit tanpa operasi bisa dilakukan bergantung pada hasil pemeriksaan klinis dan hasil radiologis.

Epidural steroid injection (ESI) menjadi salah satu dari beragamnya alat terapi saraf kejepit baru. ESI ini dapat membantu menghilang nyeri tulang belakang akibat adanya jepitan saraf. Selain itu, untuk membantu mengatasi nyeri, dokter juga bisa mempertimbangkan tindakan radiofrekuensi ablasi yang dapat memblok saraf agar tidak lagi mengalirkan rasa nyeri ke otak.

Untuk mencapai titik nyeri dengan tepat, Kateter Racz atau Percutaneous Epidurolysis Neuroplasty (PEN) juga dapat mengakhiri rasa sakit akibat adanya HNP lumbal atau HNP servikal.

Memang jepitan saraf itu tak hanya mengincar saraf tulang belakang. Saraf medianus di pergelangan tangan juga bisa memunculkan gejala nyeri dan kesemutan pada tangan. Hal ini dikenal dengan carpal tunnel syndrome (CTS). Untuk mengatasi CTS ini, ada metode injeksi steroid dan CT release agar saraf tersebut tak lagi terjepit.

Saraf trigeminal yang ada di kepala juga bisa terjepit dengan pembuluh darah di dekatnya yang mengakibatkan trigeminal neuralgia (TN). Rasa sakit yang luar biasa akibat kondisi TN hanya muncul di salah satu sisi wajah. Metode terkini untuk mengatasinya adalah dengan percutaneous balloon compression (PBC). Dengan kompresi balon, dapat membuat saraf tidak lagi terjepit.

Metode terkini lainnya adalah percutaneous pedicle screw, untuk membuat tulang belakang kembali stabil yang sebelumnya dalam kondisi bergeser atau spondylolisthesis.

Untuk memilih metode terapi yang mana yang cocok, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf tulang belakang yang berpengalaman dalam penanganan saraf terjepit.

Cara Mencegah Saraf Kejepit

Begitu banyaknya pengobatan alternatif saraf kejepit di Jakarta, oleh karena ini ini dapat menjadi referensi kesembuhan. Ada beberapa tips agar saraf kejepit tidak menimpa Anda.

  • Menjaga postur tubuh saat beraktivitas
  • Berat badan tetap ideal agar tidak membebani tulang belakang
  • Memakai seat belt saat berkendara guna menghindari whiplash injury
  • Hindari duduk terlalu lama, jadwalkan 1 jam sekali untuk berdiri dan melakukan peregangan
  • Rutin berolahraga
  • Cukupi asupan makan bergizi

Artikel Terkait