Logo Klinik Nyeri dr Indrajana
Penyebab lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan

Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk dan Diluruskan, Perlu Dicari Obatnya

Penyebab lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan bisa bervariasi. Memang ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan lutut sakit saat mau berdiri, antara lain:

  • Osteoartritis: penyakit degeneratif yang menyebabkan kerusakan pada sendi, termasuk lutut.
  • Cedera ligamen: cedera pada jaringan yang menghubungkan tulang dan membantu stabilitas sendi.
  • Berat badan berlebih: akan memberikan beban berlebihan pula pada lutut sehingga menyebabkan stres dan nyeri.
  • Tendinitis: inflamasi pada tendon yang menghubungkan otot dan tulang.
  • Robekan meniskus: cedera pada jaringan berbentuk bulat yang membantu membatasi gerakan lutut dan melumasi sendi.

Lutut sakit saat mau berdiri atau nyeri lutut hilang timbul memang membuat rasa tak nyaman. Apalagi setiap harinya memiliki mobilitas tinggi saat melakukan pekerjaan harian.

Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda

Kenapa lutut bisa sakit padahal masih muda membuat yang mengalaminya juga bertanya-tanya dalam hati. Karena kebanyakan orang menganggap lutut kanan sakit atau nyeri lutut kiri hanya terjadi di usia lanjut.

Beberapa penyebab lutut sakit pada usia muda, umumnya adalah ligamen tegang/kaku, atau terkilir, yang biasanya bisa muncul akibat sering melakukan gerakan berputar secara berlebihan, baik saat melakukan olahraga atau menjalani aktivitas lainnya.

Lutut Nyeri Saat Ditekuk

Lutut sakit saat ditekuk atau yang biasa dikenal dengan istilah “knee bending pain” adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Dalam beberapa kasus, kondisi ini juga dapat menjadi gejala yang lebih serius seperti tendinitis atau meniscus tear.

Osteoartritis atau peradangan sendi merupakan salah satu penyakit umum yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sendi-sendi tubuh, termasuk lutut. Akibatnya tidak hanya nyeri yang muncul tetapi bisa membuat lutut menjadi tidak stabil saat ditekuk. Osteoartritis juga dapat menyebabkan pembentukan tulang rawan yang tidak normal sekitar sendi, atau muncul taji tulang (bone spur), yang membuat nyeri semakin menjadi-jadi.

Ligamen yang cedera juga bisa juga menjadi penyebab nyeri lutut saat ditekuk dan diluruskan. Ligamen merupakan jaringan yang menghubungkan tulang satu sama lain dan membantu menjaga stabilitas sendi. Bila alami cedera, saat lutut ditekut bisa terasa nyeri.

Lutut sakit gejala penyakit apa, belum tentu kondisi ini disebabkan kondisi medis tertentu. Faktor seperti obesitas atau kegemukan atau berat badan berlebih juga dapat menjadi faktor risiko lutut sakit saat jongkok, lutut sakit saat mau berdiri, atau lutut sakit saat diluruskan. Ini karena berat badan yang berlebih dapat menambah ekstra beban pada lutut dan menyebabkan ‘stres’ pada jaringan penopang lutut.

Tendinitis dan robekan meniskus juga dapat menyebabkan lutut kanan sakit atau lutut kanan saat berjalan. Tendinitis adalah peradangan pada tendon yang menghubungkan otot dengan tulang. Sedangkan robekan meniskus adalah cedera pada jaringan lutut yang membantu membatasi gerakan lutut dan memfasilitasi cairan sinovial untuk melumasi sendi.

Cara mengatasi lutut sakit saat berjalan:

  • Mengurangi aktivitas yang bisa memicu nyeri
  • Memperbanyak porsi istirahat atau tidak melakukan aktivitas yang memperberat sendi lutut
  • Minum obat untuk membantu mengatasi nyeri
  • Melakukan latihan ringan untuk memperkuat otot sekitar lutut dan meningkatkan stabilitas
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal

Lutut Sakit Apakah Bisa Sembuh Sendiri?

Lutut kiri tiba tiba sakit memang menjadi keluhan yang paling sering terjadi dan dapat membaik seiring waktu. Namun, ada kalanya lutut kiri sakit berlangsung lebih lama hingga mengganggu aktivitas harian. Nah kalau ini terjadi, kemungkinan ada gangguan atau kelainan pada struktur tulang, otot, ligamen, atau sendi pada lutut, yang perlu mendapatkan penanganan tepat dari dokter. Apalagi bila nyeri ini menjalar atau menyebabkan telapak kaki panas, kesemutan, kebas dan lainnya.

Ada beberapa pengobatan yang bisa disarankan dokter sesuai dengan hasil pemeriksaan klinis dan pemeriksaan radiologi. Ada PRP, arthroscopy (artroskopi), steroid, dan asam hyaluronat merupakan beberapa bentuk pengobatan atau sebagai obat lutut sakit saat berjalan.

 

 

 

Artikel Terkait