Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Penyebab Sakit di Tulang Ekor, Perlu Dipahami dan Ditangani

Penyebab sakit di tulang ekor, memang cukup banyak. Kadang keluhan tulang ekor sakit saat duduk juga mengganggu kenyamanan terutama pada para pekerja yang mengharuskan duduk lama.

Duduk dalam posisi yang salah kelamaan, yang tak hanya duduk di kantoran tetapi juga bisa selama mengemudi, juga memberikan ekstra tekanan atau beban pada tulang belakang, terutama tulang ekor.

Tulang ekor sakit atau nyeri di tulang ekor ini dikenal dalam istilah medisnya coccydinia.

Apa Penyebab Sakit di Tulang Ekor?

Penyebab pertamanya kebiasaan duduk lama tersebut dapat mengakibatkan rasa nyeri dan kemungkinan bisa memburuk saat duduk atau mersakan tulang ekor sakit saat bangun dari duduk.

Adanya tumor atau infeksi tulang belakang juga bisa mengakibatkan nyeri. Olahraga yang mengharuskan gerakan berulang dalam waktu lama, seperti mendayung, bersepeda, juga bisa mengiritasi tulang ekor.

Tulang ini memang terletak di area terbawah tulang belakang. Terdiri dari beberapa ruas tulang  yang ada di bagian dasar panggul tulang belakang. Walau berukuran tak sebesar lainnya, saat mengalami cedera bisa memunculkan gejala nyeri yang tak tertahankan. Apalagi dialami oleh pekerja yang mengharuskan duduk lama.

Kadang terpeleset diremehkan. Padahal mungkin saja sudah bisa menyebabkan sakit di atas tulang ekor. Apalagi terpeleset hingga jatuh terduduk. Bisa juga memar atau bahkan dislokasi. Sakit di tulang ekor gejala apa juga bisa menjadi pertanyaan saat berkonsultasi dengan dokter.

Hentakan keras tersebut juga bisa berdampak pada struktur tulang ekor, seperti otot, ligamen, dan saraf. Apakah bahaya jika tulang ekor terbentur, bila benturan terlalu keras dapat membuat tulang ini fraktur dan retak, yang nantinya bisa nyeri.

Namun bila ada gejala lain yang menyertainya, misalnya kebas, kesemutan, menjalarnya nyeri hingga betis, dan telapak kaki, perlu segera dikonsultasikan dengan dokter.

Cara Mengobati 

Tulang ekor sakit minum obat apa bisa ditanyakan saat berkonsultasi dengan dokter. Untuk membantu menghilangkan nyerinya, bisa diberikan obat antiinflamasi nonsteroid.

Apa yang harus dilakukan jika tulang ekor sakit, atau cara mengobati tulang ekor sakit saat duduk mungkin salah satunya adalah dengan menggunakan bantal berbentuk donat atau bentuk huruf U di kursi saat harus duduk.

Dokter juga akan memberikan pengobatan atau penanganannya sesuai dengan penyebabnya. Bila dari hasil pemeriksaan fisik dan radiologis ternyata menunjukkan adanya saraf kejepit atau HNP lumbal, bisa diterapi dengan cara mengobati saraf terjepit kini tanpa operasi seperti dulu.

Saraf kejepit ini bisa menyebabkan tulang ekor sakit saat naik motor atau tulang ekor sakit saat berbaring. Kondisi ini akan membaik bila jepitannya dibebaskan. Kini ada endoskopi tulang belakang Biportal Endoscopic Spine Surgery (BESS) yang bisa mengatasi saraf kejepit dengan sayatan kecil saja.

Sakit di tulang ekor apakah berbahaya, bergantung pada penyebabnya. Bila ada syaraf kejepit tidak mendapatkan penanganan, berpotensi menyebabkan kelumpuhan.

Epidural steroid injection juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi nyeri tulang ekor.

 

Artikel Terkait