Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Percutaneous Balloon Compression Adalah Kompresi Balon Atasi Trigeminal Neuralgia

Percutaneous balloon compression adalah salah satu cara untuk terbebas dari nyeri wajah sebelah akibat trigeminal neuralgia (TN).

Metode PBC ini dikenal juga dengan istilah kompresi balon. Cukup efektif untuk menghilangkan nyeri hebat di salah satu sisi wajah akibat terjepitnya saraf trigeminal oleh pembuluh darah sekitarnya.

Percutaneous balloon compression for trigeminal neuralgia bisa menjadi solusi yang dapat diandalkan bila penderitanya tidak bisa lagi minum obat atau ada penyakit penyerta sehingga sebaiknya tidak dilakukan tindakan bedah.

Penyebab Trigeminal Neuralgia

Serangan nyeri hebat luar biasa pada salah satu sisi, salah satunya dapat disebabkan oleh trigeminal neuralgia. Neuralgia adalah nyeri akibat adanya masalah pada saraf. Sedangkan trigeminal adalah saraf ke-V yang sesuai namanya (tri) memiliki tiga cabang.

Tiga cabang tersebut adalah oftalmikus (dahi, mata), mandibula (rahang bawah) dan maksilaris (rahang atas). Nyeri akan muncul sesuai dengan area yang dipersarafi saraf ini.

Sedangkan nyeri wajah sebelah kanan atau nyeri wajah sebelah kiri yang hebatnya luar biasa, disebabkan oleh terjepitnya/tertekannya atau kompresi saraf trigeminal oleh pembuluh darah di dekatnya.

Terganggunya ganglion Gasseri (bagian dari saraf trigeminus) inlah yang menjadi biang keladi munculnya nyeri hebat. Nyeri yang digambarkan terasa seperti ditusuk, kesetrum, terkena silet.

Bahkan aktivitas ringan harian bisa mengakibatkan nyeri. Padahal aktivitas tersebut pada orang normal, tidak mengakibatkan nyeri.

Mengunyah, minum, berbicara, membasuh wajah, memakai riasan wajah, bercukur, mengusap wajah, terkena paparan udara dingin atau angin sepoi-sepoi bisa mengakibatkan nyeri hebat luar biasa. Kadang siksaan ini bisa memunculkan rasa ingin bunuh diri penderitanya sehingga dikenal dengan suicide disease.

Percutaneous Balloon Compression Adalah Tindakan Minimal Invasif

 Karena adanya saraf wajah kejepit, maka setiap kali pembuluh darah berdenyut maka memunculkan nyeri. Prinsip kompresi pada percutaneous trigeminal ganglion balloon compression ini akan melepaskan jepitan tersebut sehingga tidak ada lagi jepitan dan nyeri hilang.

PBC trigeminal neuralgia dilakukan dengan cara menyisipkan balon berukuran mini, di antara saraf trigeminal dan pembuluh darah yang menjepit. Setelah tepat titiknya, balon akan dikembangkan dan dibiarkan dalam waktu tertentu, kemudian dikempiskan dan dikeluarkan lagi.

Jadi metode balon kompresi PBC memiliki beberapa keuntungan antara lain tindakannya sederhana; waktu tindakan singkat (30 menit); tanpa rawat inap; efektif; dan bila nyeri lagi tindakan ini bisa dilakukan lagi. Biaya juga dapat dikatakan lebih murah dibandingkan dengan tindakan bedah lain.

Pemeriksaan tambahan seperti MRI, mungkin diperlukan untuk memastikan ada tidaknya saraf trigeminus yang terjepit.

Pemeriksaan akan dilakukan secara komprehensif dan menilai:

-sifat nyeri: mendadak, singkat, tajam

-lokasi: area wajah yang terkena nyeri

-pemicu: misalnya aktivitas harian (menyentuh pipi dan lainnya)

Pengalaman sembuh dari trigeminal neuralgia sepertinya menjadi pengalaman yang tak terlupakan karena dapat kembali beraktivitas dan kualitas hidup pun membaik.

 

 

 

Artikel Terkait