Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Posisi Tidur Saat Leher Nyeri Seperti Apa?

Posisi tidur saat leher nyeri perlu dipahami agar nyeri tidak semakin memburuk atau memperburuk kondisi tertentu sebagai penyebab nyeri leher.

Tidur berkualitas dan cukup memang dibutuhkan sebagai salah satu faktor penting untuk kesehatan. Dampak kurang tidur memiliki banyak dampak yang salah satunya mengganggu proses pemulihan otot dan struktur lain tulang belakang.

Bagaimana cara tidur agar leher tidak sakit menjadi faktor penting guna mendapatkan tidur yang berkualitas.

Posisi Tidur Saat Leher Nyeri

Kadangkala nyeri leher dan nyeri bahu atau nyeri pundak tidak berdiri sendiri. Kekakuan atau ketegangan otot secara berlebihan bisa menyertainya, dan bahkan sampai kepala sakit (sakit kepala).

Leher (cervical) memiliki struktur yang cukup kompleks seperti otot, tulang, ligamen, rongga, pembuluh darah dan saraf. Ruas tulang leher ada 5 ruas, C1-C5. Kompleksitas leher inilah yang membuat leher lentur atau fleksibel bergerak dan juga dapat menopang kepala dengan baik.

Posisi tidur saat sakit leher sebelah kiri atau posisi tidur yang baik memiliki peran yang penting. Apalagi bisa penyebab sakit leher sebelah kiri atau leher kanan terasa nyeri cukup serius.

Leher nyeri bisa saja penyebabnya dari ringan hingga yang serius. Nyeri leher merupakan rasa sakit yang terasa pada area leher belakang, leher sebelah kanan, leher sebelah kiri, atau hingga terasa sampai ke pundak.

Dalam kebanyakan kasus atau sebagian besarnya leher pegal dan kaku atau bahkan sakit, akibat buruknya postur tubuh atau posisi kepala yang keseringan menunduk saat bekerja atau menggunakan smartphone dalam waktu lama dan berulang. Bisa juga akibat sering mengangkat beban berat dan duduk terlalu lama saat bekerja tanpa jeda waktu.

Penyebab tengkuk terasa sakit atau pegal bisa akibat otot menegang berlebihan, saraf kejepit leher (HNP cervical), dan pengapuran sendi. Cedera akibat jatuh bisa karena olahraga atau kecelakaan bermotor juga bisa berdampak negatif pada leher.

Pada umumnya leher yang terasa pegal atau kaku bukanlah sesuatu yang serius. Namun jangan lengah. Terkadang memang karena dianggap ringan dan bisa sembuh sendiri setelah melakukan gerakan peregangan.

Namun bila nyeri ini berlangsung dan disertai dengan rasa kesemutan, kebas/baal dan nyeri yang menjalar sampai kaki atau lengan, segera konsultasi ke dokter. Leher sakit sebelah kiri pertanda apa kemungkinan adalah adanya saraf kejepit leher atau adanya penyempitan rongga tulang leher atau stenosis cervical (cervical stenosis).

Sakit Leher Ini Posisi yang Disarankan Ahli

Bagaimana cara tidur agar leher tidak sakit, posisi tidur nyeri leher, posisi tidur yang baik perlu dilakukan agar nyeri ini membaik dan tidak memburuk.

Posisi tidur saat leher kiri sakit yang dianjurkan adalah dengan posisi telentang agar tulang belakang tetap lurus. bisa dengan agak meninggikan paha dengan meletakkan bantal kecil di bawah lutut. Selain itu, manfaat tidur telentang membuat berat badan terdistribusi dengan rata sehingga dapat terhindar dari ketegangan otot saat bangun tidur.

Bantal sakit leher juga bisa digunakan namun ingat sebaiknya bantal tidak terlalu tinggi.

Para penggemar tidur dengan posisi tengkurap, sebaiknya segera ganti posisi bila leher terasa nyeri. Karena posisi ini kepala perlu dalam kondisi miring agar bisa bernapas. Kondisi inilah yang justru dapat memperburuk leher sakit.

Tidur miring ke salah satu sisi juga bisa menjadi pilihan bagaimana posisi tidur saat sakit leher sebelah kiri. Hindari menyelipkan lengan di bawah bantal, karena dapat menyebabkan leher terasa sakit saat bangun nantinya.

Cara Mengobati Sakit Leher dan Pundak Sebelah Kiri

Bisa dengan memberikan kompres hangat dan/atau dingin guna membantu mencegah terjadinya peradangan dan nyeri.

Konsumsi obat pereda nyeri juga bisa dicoba. Jangan lupa jaga postur tubuh dan jadwalkan istirahat bila harus duduk lama saat bekerja.

Dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap guna memberikan pengobatan leher nyeri dan sesuai dengan hasil pemeriksaan radiologis seperti MRI.

 

 

 

 

Artikel Terkait