Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Sakit Leher dan Pundak Sebelah Kanan Atas, Kira-kira Apa Penyebabnya?

Sakit leher dan pundak sebelah kanan atas dapat menjadi salah satu alasan berkonsultasi dengan dokter. Apalagi bila keluhan ini sudah mengganggu aktivitas kerja sehari-hari.

Leher juga disebut dengan tengkuk. Seringkali juga dikeluhkan tengkuk yang terasa sakit atau nyeri.

Apalagi dengan adanya working from home atau aktivitas online yang menuntut pelakunya duduk dalam waktu cukup lama. Kondisi ini bisa memicu sakit pada leher, bahu, punggung, pinggang, hingga bokong karena ‘tenggelam’ terlalu lama di depan komputer atau gadget.

Apa obat leher sakit sebelah kanan, atau bagaimana cara mengatasi sakit leher sebelah kiri dan kanan, atau mengapa leher kanan sakit saat ditekan, kenapa leher dan pundak sering sakit, atau sakit pundak sebelah kanan kadangkala menjadi serentetan tanya saat berhadapan dengan dokter di ruang konsultasi.

Leher termasuk rangkaian tulang belakang (vertebrae) yang berfungsi sebagai penopang tubuh agar berdiri tegak. Area ini rentan terhadap kondisi dan cedera yang mengakibatkan nyeri.

Seringnya melakukan gerakan-gerakan yang tanpa disadari mampu membuat beberapa bagian tubuh, seperti leher dan pundak sebelah kanan atas ini menjadi nyeri dan sakit. Memang kadang nyeri ini terkesan ringan, namun jika berlangsung terus dapat berdampak buruk pada gerakan yang menjadi terbatas.

Sakit pundak dan leher juga seringkali disertai dengan leher kaku dan pundak terasa berat saat bergerak. Kadangkala awam menganggap nyeri area ini dikarenakan salah bantal saat tidur atau gejala kolesterol tinggi pada leher.

Jangan sepelekan nyeri pada bahu karena bahu adalah sendi antara leher dan pangkal lengan. Sendi bahu atau pundak ini memiliki rentang gerak yang cukup luas.

Sakit Leher dan Pundak Sebelah Kanan Atas

Sakit pada area leher dan pundak, baik sakit leher sebelah kanan atau sakit leher sebelah kiri, memiliki banyak penyebab. Begitu pun saat nyeri bahu sebelah kanan.

Penyebab sakit leher bisa berupa otot-otot yang menegang, sendi bergerak secara berlebihan, adanya jepitan saraf tulang belakang area leher (saraf kejepit leher), cedera (baik jatuh akibat olahraga maupun kecelakaan kendaraan bermotor atau whiplash injury), dan penyakit tertentu seperti infeksi selaput otak, peradangan sendi, dan lainnya.

Meradangnya tendon, berubahnya posisi sendi, syaraf kejepit, fraktur, frozen shoulder juga menjadi penyebab sakit leher dan pundak sebelah kanan.

Kadangkala nyeri ini menjalar, yang juga disertai dengan gejala lain seperti kesemutan, kebas, baal, nyeri seperti tersetrum aliran listrik, tertusuk dan lainnya. Bila hal ini terjadi kemungkinan ada masalah pada saraf.

Namun sakit leher dan pundak sebelah kanan atas ini bisa juga disebabkan oleh hal yang simpel, seperti tertidur dengan posisi yang tidak biasanya.

Itu sebabnya, untuk memastikan penyebab dan penanganannya seperti apa, segera konsultasi dengan dokter.

Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak/Bahu

Cara berikut ini dapat membantu menghilangkan nyerinya:

-Minum obat pereda nyeri atau obat antiinflamasi nonsteroid atas anjuran dokter

-Mengompres area yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat

-Melakukan program fisioterapi yang mungkin saja akan disusun oleh dokter

Bila kondisi ini masih berlangsung kemungkinan dokter akan meminta Anda melakukan pemeriksaan MRI. Dari situ, dokter akan menentukan penanganannya, bisa dengan radiofrekuensi ablasi (meredakan nyeri), kateter Racz, dan endoskopi servikal (untuk mengatasi saraf terjepit leher).

ACDF bisa menjadi solusi terakhir saat hasil MRI menunjukkan adanya saraf terjepit leher (hernia nukleus pulposus servikal/HNP servikal) dengan derajat berat. ACDF adalah anterior cervical discectomy and fusion.

 

 

 

Artikel Terkait