Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Sampai Ke Kaki, Bisa Saja Saraf Kejepit

Sakit pinggang sebelah kanan sampai ke kaki kadang bisa timbul saat Anda bekerja atau saat beristirahat.

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan sampai ke kaki tidak hanya satu. Berdasarkan rasa nyeri yang terasa juga bisa beragam, bisa nyeri setempat, nyeri dari titik lain yang menyebar hingga pinggang, atau akibat adanya peregangan otot.

Sakit pinggang pada umumnya dapat muncul akibat kesalahan postur tubuh (tidak ergonomis yang berlangsung cukup lama dan berulang.

Hal ini dikarenakan semua ruas tulang belakang mencakup bantalan ruas tualng belakang, otot dan jaringan ikat di situ, turut berperan serta dalam menopang bobot tubuh.

Bila para penyokong tersebut mengalami gangguan, sakit pinggang bisa muncul.

 

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Sampai Ke Kaki

Rasa sakit ini kadang terlupakan saat sibuk beraktivitas dan baru terasa saat beristirahat.

Jarang berolahraga atau jarang beraktivitas fisik, postur tubuh yang salah, kegemukan, dapat saja mengakibatkan sakit pada area ini.

Sebaiknya jangan anggap sepele keluhan ini. Ada baiknya Anda juga perlu tahu penyebab lainnya apa saja. Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan sakit pinggang sebelah kanan sampai ke kaki:

 

  • Cedera tulang belakang akibat jatuh baik kecelakaan maupun olahraga atau saat mengangkat benda berat berlebihan. Bila pernah mengalaminya, kemungkinan hal ini dapat berdampak pada struktur tulang belakang yang bila berlangsung lama. Bantalan tulang juga bisa cedera sehingga menonjol dari tempat semulanya (hernia nukleus pulposus/HNP) dan menjepit saraf tulang belakang.
  • Penyempitan rongga tulang belakang (stenosis spinal). Kondisi ini paling sering disebabkan permasalahan sendi akibat proses menuanya seseorang. Saat beraktivitas, nyeri ini akan terasa dan mereda dengan istirahat.
  • Nyeri sciatica akibat terjepitnya/kompresi saraf sciatica yang merupakan saraf terpanjang. Saraf ini meliputi bagian belakang panggul, bokong, sampai ke kaki. Apabila saraf sciatica kanan terjepit maka bisa muncuk sakit pinggang sebelah kanan sampai ke kaki.

 

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Sampai Ke Kaki

  • Saraf kejepit pinggang akibat bantalan ruas tulang belakang area pinggang (lumbal/lumbar) menonjol dan menjepit saraf area tersebut. Gejala sakit pinggang sebelah kanan sampai ke kaki bisa terjadi. Karakteristik saraf kejepit pinggang ini adalah nyeri pada salah satu sisi saja. Namun bila Anda membiarkan nyeri ini, lama kelamaan dapat muncul pada kedua sisi.
  • Infeksi tuberkulosis pada tulang belakang atau adanya sebaran kuman penyebab tuberculosis (TBC) ke ruas tulang belakang.
  • Keropos tulang belakang atau osteoporosis yang dapat memengaruhi bantalan sendi ruas tulang belakang.
  • Kelainan kelengkungan tulang belakang atau skoliosis yang bila derajat kelengkungannya sudah berat, dapat mengubah tulang belakang yang bengkok dan mengusik bantalan ruas tulang belakang.
  • Bergesernya sendi tulang belakang atau spondilolistesis juga bisa terjadi akibat proses penuaan.
  • Kekakuan otot area tulang belakang atau olahraga terlalu berlebihan.

 

Obat Sakit Pinggang di Apotek

Sakit pinggang yang terus berlangsung lama-kelamaan dapat menganggu kelancaran aktivitas harian Anda.

Obat sakit pinggang juga beragam bergantung pada penyebabnya. Dokter dapat memberikan obat-obatan pereda nyeri yang ada di apotek, bila nyerinya masih ringan.

Tak hanya obat sakit pinggang di apotek, bila nyeri memburuk dokter akan mempertimbangkan pemeriksaan lanjutan sebagai penunjang yakni MRI atau rontgen.

Pemeriksaan ini untuk mengetahui penyebab pasti dari sakit pinggang sebelah kanan sampai ke kaki. Sehingga dokter akan memberikan penanganan yang sesuai.

Sakit Pinggang Saraf Terjepit

Ketika ternyata ada saraf kejepit pinggang atau lumbal dalam hasil MRI Anda, dokter akan memberikan beberapa opsi pengobatan terbaru.

Kini dokter akan menangani saraf kejepit pinggang atau HNP lumbal dengan teknologi terkini tanpa operasi dan tanpa rawat inap. Teknologi tersebut adalah DiscFX.

Karena proses pemulihannya cepat, teknologi DiscFX kini banyak dilirik penderita saraf kejepit yang sedang mencari pengobatan saraf kejepit.

Selain itu, untuk mengatasi nyeri, dokter dapat menyarankan kateter Racz guna mengalirkan obat-obatan tertentu.

Jangan anggap sepele saraf kejepit. Bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kelumpuhan bisa terjadi.

 

 

Artikel Terkait