Logo Klinik Nyeri dr Indrajana
Sakit pinggul sebelah kiri pada wanita

Sakit Pinggul Sebelah Kiri pada Wanita, Apa Sebabnya?

Sakit pinggul sebelah kiri pada wanita pertanda apa perlu dilakukan pemeriksaan yang komprehensif untuk menemukan penyebabnya. Kalau penyebabnya sudah pasti, dokter pun dapat memberikan penanganan yang sesuai dengan faktor penyebabnya.

Penyebab sakit pinggul kiri pada wanita dapat ditemukan dengan pemeriksaan fisik berdasrakan gejala. Bila perlu untuk memastikannya, dokter akan anjurkan pemeriksaan radiologis. Apa itu dalam bentuk USG, Rontgen, atau MRI akan disesuaikan nantinya. Pemeriksan penunjang nyeri tersebut perlu dilakukan agar dokter dapat melihat struktur jaringan area pinggul wanita dengan lebih jelas.

Setelah mengevaluasi hasil tersebut, dokter akan memberikan penanganan agar sakit pinggul sampai kaki atau sakit pinggul belakang pada wanita dapat mereda.

Sakit Pinggul Belakang

Sakit pinggul sebelah kanan juga menjadi keluhan. Apa penyebab sakit tulang pinggul bisa jadi juga menyebabkan tanda lainnya, misalnya nyeri pinggang sebelah kiri, sakit pinggul sebelah kiri sampai ke kaki atau nyeri panggul sebelah kiri pada wanita.

Pinggul sakit saat berjalan atau nyeri panggul penyebabnya cukup banyak lho. Misalnya, akibat pernah jatuh, berbaring ke arah satu sisi dalam waktu lama, duduk miring, kehamilan, kekakuan atau ketegangan otot, keseleo, hingga adanya masalah pada tulang belakang dan strukturnya.

Umumnya, infeksi saluran kemih, radang usus, hernia nucleus pulposus, penyakit radang panggul, konstipasi, kista ovarium, masalah pada tulang belakang juga bisa menjadi biang keladi munculnya keluhan

Nyeri panggul memang penyebabnya bisa berbeda pada setiap orang. Tergantung usia, aktivitas harian, pekerjaan, berat badan, asupan makanan dan lainnya.

Apa penyebab sakit tulang pinggul dan siapa yang memiliki risiko lebih tinggi mengalaminya, antara lain:

  • Pernah cedera atau patah tulang di pinggul
  • Memiliki riwayat penyakit osteoartitis, rematik, dan radang sendi lainnya
  • Berolahraga dengan gerakan berulang dalam waktu lama, seperti lari, bersepeda
  • Kelebihan berat badan atau obesitas yang dapat memberikan beban pada panggul
  • Hamil
  • Sering memakai sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama

Kadangkala nyeri tidak hanya dirasakan di panggul atau pinggul. Nyeri juga bisa berasal dari sakit pinggang kiri atau sakit pinggang kanan atau area sekitarnya. Kadang nyeri tidak sendirian. Bisa disertai dengan rasa kesemutan, kebas/baal yang terasa hingga paha, betis hingga telapak kaki terasa panas.

Ketika ada radang pada sendi panggul atau sendi sakroiliaka, rasa sakit panggul terasa saat berdiri, naik tangga, lari, angkat beban berat.

Nyeri Sciatica

Sakit pinggul sebelah kiri kenapa, atau sakit pinggul kiri hingga ke kaki juga bisa diakibatkan adanya linu panggul atau sciatica (skiatika). Biasanya nyeri ini akibat saraf sciatica tertekan atau terjepit oleh menegangnya otot piriformis di area bokong.

Memang umumnya, sakit pinggul akibat sciatica hanya pada salah satu sisi saja. jadi tidaklah heran kalau kondisi ini bisa menyebabkan nyeri pinggang bagian kiri atau sakit pinggang sebelah kanan.

Nyeri terasa memburuk saat batuk, bersin atau duduk lama.

 

Cara Mengobati Sakit Pinggul Sebelah Kiri

Kurangi aktivitas berat, banyak beristirahat, kompres dingin atau hangat pada area yang terasa sakit, dan mengonsumsi obat antinyeri merupakan beberapa cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri. Mengatasi nyeri pinggul akan disesuaikan dengan faktor apa penyebab nyeri pinggul yang muncul.

Namun saat dokter telah mengevaluasi hasil MRI dan ternyata ada masalah pada struktur tulang belakang, maka ada beberapa pilihan pengobatan lainnya. Epidural steroid injection (ESI), kateter Racz, endoskopi BESS, misalnya.

 

 

Artikel Terkait