Logo Klinik Nyeri dr Indrajana

Sakit Tulang Belakang Dari Atas Sampai Bawah, Jangan Dibiarkan

Sakit tulang belakang dari atas sampai bawah merupakan rasa nyeri yang terasa pada tulang belakang. Tulang belakang sering sakit ini dapat muncul pada ruas tulang belakang leher (servikal/cervical), punggung atas atau tengah (thoracal atau dada), area pinggang atau punggung bawah (lumbal/lumbar), hingga bagian terbawah tulang ekor.

Tulang belakang sakit yang dikenal dengan spinal pain kadang rasa sakit tulang belakang tengah, sakit tulang belakang bawah, sakit tulang belakang atas, baik sakit tulang belakang kiri dan sakit tulang belakang kenan sifatnya sementara. Kadang bisa reda saat beristirahat. Namun tetap saja berisiko menjadi kronis (berkepanjangan) dan muncul berulang.

 Gejala Sakit Tulang Belakang dari Atas Sampai Bawah

Umumnya gejala tulang belakang sakit memunculkan ciri seperti berikut:

  • Terasa sakit atau nyeri seperti ditusuk-turuk jarum
  • Sakit menjalar ke tangan, kaki
  • Dapat memburuk dengan aktivitas atau gerakan tertentu
  • Pinggang terasa kaku dan sulit beraktivitas
  • Tidak dapat berjinjit
  • Rasa kesemutan atau kebas yang menjalar, bisa ke ujung jari tangan hingga telapak kaki
  • Gangguan pada refleks

 

Kadang banyak orang awam yang mengenal istilah sakit boyok tulang belakang atau sakit boyok tengah atau sakit boyok kanan. Sakit boyok obatnya apa juga menjadi pertanyaan yang sering diajukan saat berkonsultasi dengan dokter. Boyok adalah kata yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti pinggang.

Sakit Tulang Belakang Disebabkan Oleh Hal Berikut

Penyebab tulang belakang sakit biasanya tak hanya satu. Kemungkinan penyebabnya bisa beragam. Mengingat susunan tulang belakang manusia terdiri dari 33 ruas tulang belakang yang lengkap dengan bantalan tulang di antaranya, saraf tulang belakang, otot, ligamen dan lainnya.

Apa penyebab sering sakit tulang belakang dari atas sampai bawah? Umumnya akibat adanya cedera mendadak dan/atau penggunaan terus menerus atau berlebihan dalam waktu yang cukup lama. Kondisi inilah yang mungkin bisa mengakibatkan teregangnya struktur tulang belakang secara berlebihan.

Seiring waktu pekerjaan atau aktivitas harian apalagi dengan postur tubuh yang tidak baik, lama kelamaan akan muncul rasa kram, atau kesemutan atau bahkan nyeri.

Akibat cedera juga tak hanya nyeri. Tetapi juga bisa mengakibatkan peradangan yang ujung-ujungnya memunculkan rasa sakit tulang belakang.

Tulang belakang sering sakit juga bisa diakibatkan oleh kondisi:

  • Kelainan tulang belakang pada manusia, misalnya skoliosis, kifosis dan lordosis. Perubahan kelengkungan yang sangat ekstrim, bisa menekan atau menjepit saraf tulang belakang sehingga nyeri pun muncul.
  • Patah tulang belakang akibat kecelakaan, baik kendaraan bermotor atau olahraga. Atau juga bisa akibat tulang belakang keropos atau osteoporosis. Kondisi ini menyebabkan tulang belakang rapuh sehingga rentan patah.
  • Degenerasi bantalan tulang tulang belakang (diskus intervertebralis) akibat proses bertambahnya usia seseorang.
  • Hernia nukleus pulposus (HNP) atau saraf kejepit lumbal atau saraf kejepit leher. Akibat menonjolnya bantalan tulang sehingga menekan atau menjepit saraf tulang belakang.
  • Penyempitan lubang tulang belakang atau stenosis spinal. Yang dapat menekan atau menjepit saraf tulang belakang sehingga muncul gejala nyeri dan kesemutan dan lainnya.

Obat Sakit Tulang Belakang

Sakit tulang belakang ke dokter apa sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf terbaik. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara komprehensif untuk menentukan penyebabnya.

Obat sakit tulang belakang bagian bawah akan diberikan dokter setelah melihat hasil pemeriksaan radiologis seperti MRI. “Jadi kami akan memastikan diagnosis dan pengobatannya sesuai indikasi,” jelas dr. Dimas Rahman Setiawan, SpBS.

Sakit tulang ekor belakang juga kadang menjadi gejala yang dikeluhkan pasien. “Bila memang ada jepitan saraf tulang belakang, endoskopi BESS bisa menjadi salah satu solusinya,” lanjut dokter spesialis bedah saraf ini.

 

 

 

 

Artikel Terkait