Logo Klinik Nyeri dr Indrajana
Suntik Semen Tulang Belakang

Suntik Semen Tulang Belakang: Kyphoplasty dan Vertebroplasty, Vesselplasty

Suntik semen tulang belakang bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu memperbaiki kekeroposan pada tulang belakang.

Alat injeksi semen tulang akan digunakan dokter untuk memberikan suntik tulang belakang yang berisikan semen artifisial. Terapi semen untuk tulang belakang keropos dikenal dengan kyphoplasty dan vertebroplasty.

Vertebroplasty dan kyphoplasty adalah prosedur minimal invasif untuk membantu mengatasi vertebral compression fracture (VCF) atau kompresi tulang belakang.

Melalui dua prosedur ini, semen khusus akan disuntikkan ke dalam tulang belakang yang retak atau patah karena kondisi medis tertentu, seperti osteoporosis.

Osteoporosis adalah kondisi tulang yang terjadi ketika menurunnya kepadatan tulang sehingga kualitas tulang menjadi rapuh atau keropos sehingga rentan patah. Kondisi ini biasanya terjadi pada tulang pinggul dan pergelangan tangan serta tulang belakang. Kadangkala kondisi ini tidak menimbulkan gejala.

 

Fraktur Kompresi Penyebab Nyeri

Fraktur kompresi vertebra adalah tulang belakang (vertebra) yang patah. Biasanya fraktur kompresi umumnya terjadi akibat kekeroposan tulang akibat osteoporosis. Kekuatan tulang punggung atau tulang belakang yang alami keropos untuk menopang bobot tubuh semakin menurun sehingga memiliki risiko tinggi alami patah, misalnya jatuh, angkat beban dan lainnya.

Dampak negatif adanya fraktur kompresi osteoporosis salah satunya adalah saraf kejepit tulang belakang, yang mengakibatkan nyeri. Nyeri tidak hanya di titik tersebut tetapi menjalar ke kaki, kesemutan, kebas/baal hingga berpotensi tinggi terjadi kelumpuhan.

Fraktur kompresi vertebra lumbal 1 adalah bila terjadi di area pinggang. Kondisi ini bisa terlihat pada hasil pemeriksaan radiologis penunjang misalnya MRI.

Kekuatan tulang yang semakin berkurang tidak bisa lagi menahan beban sehingga berisiko retak atau patah. Tidak hanya sekadar retak. Tetapi tulang belakang lama-lama ‘ambruk’ atau kolaps sehingga tampilan tulang belakang seperti bungkuk dan tinggi badan pun menyusut. Bila sudah dalam kondisi terkompresi, otot-otot dan struktur sekitarnya perlu bekerja keras hingga akhirnya otot lelah dan muncullah nyeri dan gejala lainnya.

Fraktur kompresi vertebra atau tulang belakang yang ambruk, kadangkala menjadi salah satu tanda kemungkinan ada osteoporosis.

Suntik Semen Tulang Belakang

 

gambar kyphoplasty
gambar kyphoplasty

 

Saat dokter melakukan kyphoplasty dan vertebroplasty akan menggunakan image guidance agar tepat sasaran saat menginjeksikan semen artifisial ke dalam ‘lubang’ keropos.  Semen ini akan mengeras, sehingga dapat membuat tulang lebih stabil dan dapat menyangga tulang belakang. Manfaat vertebroplasti atau manfaat kifoplasti lainnya, juga bisa membantu mengurangi nyeri dan mengembalikan mobilitas.

Perbedaan antara vertebroplasti dengan kifoplasti adalah kifoplasti menggunakan balon yang dimasukkan ke tulang yang fraktur untuk kemudian dikembangkan sebelum semen disuntikkan. Tujuannya agar semen tidak meluber ke area lain. Sedangkan vertebroplasty, dokter tidak menggunakan balon.

Biaya kyphoplasty atau biaya vertebroplasty akan bergantung pada di mana melakukannya. Apakah klinik utama atau rumah sakit. Yang terpenting, saat nyeri tulang belakang melanda secara kontinu, sebaiknya datang konsultasi dengan dokter terbaik. Karena selain mendapatkan penyebab nyeri tulang belakang, juga bisa memperoleh penjelasan lengkap mengenai prosedur kyphoplasty dan prosedur vertebroplasty.

Teknologi vertebroplasty dan prosedur vertebroplasty kini sudah bisa dilakukan di Indonesia. Pengalaman kyphoplasty atau pengalaman vertebroplasty sudah dimiliki oleh dokter-dokter yang memiliki spesialisasi tertentu.

Penanganan fraktur kompresi juga bisa dilakukan dengan vesselplasty. Vesselplasty adalah teknik penyempurna vertebroplasty. Menggunakan balon yang berguna untuk cegah bocornya semen.

Jadi kyphoplasty, vertebroplasty dan vesselplasty menjadi salah satu solusi atau termasuk salah satu ‘alat alat’ untuk operasi tulang belakang yang mengalami fraktur kompresi atau ambruk.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait